Rabu, 26 Agustus 2015

Perangkat Keras Akses Internet


Syarat untuk dapat mengakses internet harus mempunyai perangkat diantaranya perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat Local Area Network (LAN)


Perangkat keras untuk akses internet dikelompokkan menjadi 4 bagian utama yaitu komputer, modem, saluran telepon/Satelit, dan perangkat pendukung lainnya.

1. Komputer
 
Komputer merupakan komponen utama untuk akses internet. Komputer yang dimaksud adalah seperangkat komputer berserta kelengkapannya. Syarat minimal kelengkapan komputer untuk mengakses internet antara lain :
a. menggunakkan prosessor minimal 80486 DX
b. Kapasitas RAM minimal 32 MB
c. Hardisk untuk menyimpan data/ file 
d. VGA Card berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan di monitor
e. Monitor
f. Sistem Operasi minimal Windows 95

2. Modem
 Hasil gambar untuk modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

3. Saluran Telepon/Satelit
a. Saluran Telepon
  
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan computer dengan internet dan juga diikuti dengan penggunaan modem dial-up.
 b. Satelit
 Hasil gambar untuk satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
            Protokol yang digunakan disebut WAP (Wireless Application Protocol) adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah handphone bisa akses ke internet.

4. Perangkat Keras Pendukung Akses internet

Perangkat pendukung untuk akses internet adalah semua peralatan yang melengkapi dan mendukung terkoneksinya internet. Perangkat keras pendukung tersebut antara lain Hub, Switch, router, RJ 45, RJ 11, Kabel UTP, STP, Coaxial, Brigde, Repeater dsb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar