Minggu, 30 Agustus 2015

Perangkat Keras Pendukung Akses Internet



Perangkat pendukung untuk akses internet adalah semua peralatan yang melengkapi dan mendukung terkoneksinya internet. Perangkat keras pendukung tersebut antara lain NIC, Hub/Switch,  Repeater, router, RJ 45, RJ 11, Kabel UTP, Kabel STP, Kabel Coaxial, Brigde, dsb.
a.       NIC (Network Interface Card)
Network Interface Card atau Kartu Jaringan merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan sebuah komputer ke sebuah jaringan komputer. Bentuk kartu jaringan biasanya adalah kartu internal yang dipasang pada slot ekspansi di dalam main komputer. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini antara lain kartu jaringan Ethernet, ARCnet, Local Talk konektor, dan Token Ring.

Ethernet
b.      Konektor
Konektor merupakan perangkat untuk menghubungkan kabel dengan alat lain (NIC). Konektor yang dipakai untuk membangun ajringan harus sesuai dengan  jenis kabel dan jenis NIC yang digunakan. Jenis konektor yang sering digunakan antara lain BNC (thick coaxial) : male, female, barrel, dan terminator, RJ 11, RJ 45 (untuk kabel UTP)


BNC Connector


c.       Hub/Switch
Hub adalah sebuah device yang berfungsi menyatukan kabel-kabel network dari tiap komputer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya seperti kabel modem. Hub terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut.
hub/switch


d.      Repeater
Repeater adalah perangkat untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel LAN yang lain.
repeater


e.       Router
Sebuah sistem jaringan memerlukan perangkat yang disebut Router. Perangkat router ini menentukan titik jaringan berikutnya, dimana sebuah paket data dikirim ke jalur-jalur jaringan yang dituju.
Sebuah router sedikitnya menghubungkan dua jaringan, yaitu jaringan LAN (Local Area Network) dengan jaringan WAN (Wide Area Network) atau dengan kata lain, menghubungkan jaringan LAN dengan penyedia akses internet (ISP)
Sebuah router biasanya terletak pada sebuah gateway, tempat dimana dua jaringan atau lebih terkoneksi satu sama lainnya.
Router yang umum dipakai terdiri dari jenis  router dedicated (bauatan pabrik) dan PC router.
router









 
f.       Proxy Server
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebgai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap konten dari internet atau intranet.
g.      Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol berbeda, sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
h.      Access Point
Access Point adalah alat bantu pada jaringan wireless atau WLAN. Access Point berfungsi menerima dan memancarkan kembali data yang berupa gelombang. Access point menghubungkan antara komputter yang satu dengan yang lain pada WLAN dan kadang berfungsi pula sebagai jembatan (bridge) atara WLAN dengan jaringan yang menggunakan kabel.
   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar